Yuk, Belajar Cintai Bumi dari 5 Aplikasi Ini

0
234

NEW YORK – Dalam rangka perayaan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April, telah hadir beberapa aplikasi yang dapat membantu pemahaman tentang isu lingkungan bagi anak-anak untuk melindungi Bumi. Berikut ini Okezone merangkum lima aplikasi yang berkaitan dengan Bumi dilansir USAToday, Senin (22/4/2013):

1.    Green Radventures: Book 1 HD
(Dikembangkan Snowball, LLC, cocok untuk usia 4-12 tahun, aplikasi berbayar seharga USD1.99 untuk iPad dan USD0.99 untuk iPhone serta iPod Touch)

Aplikasi ini merupakan rangkaian pertama dari dua aplikasi yang menceritakan tentang seorang anak kecil bernama Nico dan pengasuhnya, Hannah. Suatu ketika Hannah mengajak Nico jalan-jalan ke pegunungan melalui tenunannya.

Melalui penjelasan yang diberikan Hannah, pembaca juga dapat ikut belajar salah satunya tentang pentingnya mendaur ulang barang yang sudah dipakai. Aplikasi ini memberi pesan lingkungan yang kuat melalui cara yang interaktif.

2.    Earth Day Carol
(Dikembangkan Zippy Brain Inc, cocok untuk usia 7-12 tahun, aplikasi gratis untuk iPhone, iPod Touch, iPad, Android dan Amazon)

Aplikasi ini fokus pada botol plastik milik Gober dengan selipan informasi dan anjuran untuk pembacanya. Salah satunya yaitu jika pembaca tidak mengubah cara hidupnya, maka ia dapat bernasib sama dengan botol tersebut yang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Keesokannya Gober pun dikunjungi oleh tiga hantu dari berbagai barang yang tidak dapat diuraikan oleh senyawa kimia. Mereka membeberkan kehidupannya seperti apa dan dampak yang akan ditimbulkannya terhadap lingkungan jika manusia menggunakannya secara berlebihan.

Akhirnya, Gober pun mendapat pencerahan dengan menjadi pimpinan parade Hari Bumi dan membawa spanduk tentang daur ulang serta bagaimana cara mengurangi pemakaian produk plastik. ‘Earth Day Carol’ secara keseluruhan mengisahkan sebuah cerita yang menarik tentang daur ulang.

3.    Recycle Hero for Kids
(Dikembangkan oleh Yogome, Inc, cocok untuk usia 5-12 tahun, aplikasi berbayar seharga USD1.99-2.99 untuk iPhone, iPod Touch, iPad, Amazon dan Android yang dinamakan “Educational Games for Kids” pada Google Play)

Di game ini, anak-anak akan menjadi pahlawan penyelamat Bumi dari aksi jahat Ratu Ignorantia. Ratu akan mengotori planet ini dengan semua jenis sampah. Pemain nantinya akan menyortir sampah dalam bentuk 36 puzzle di enam lingkungan berbeda.

Melalui game ini pemain dapat belajar bagaimana memilah-milah sampah berdasarkan jenisnya, seperti plastik, aluminium, kompos, kaca, kertas dan logam. Dengan menempatkan pelajaran tentang daur ukang dalam game puzzle ini, dijamin akan menciptakan suasana belajar tentang polusi yang menyenangkan.

4.    Painting with Time: Climate Change
(Dikembangkan Red Hill Studios, cocok untuk usia delapan tahun ke atas, aplikasi berbayar seharag USD1.99 untuk iPad, iPhone dan iPod Touch)

Aplikasi unik ini memungkinkan anak-anak menggunakan jari-jarinya untuk mengubah efek lukisan gambar pemandangan alam masa lalu menjadi pemandangan alam masa depan. Dengan memilih tabung waktu, pemain dapat merubah warna lukisannya dengan menggeser satu jari.

Selain itu melalui salah satu efek gambarnya, pemain juga dapat melihat perubahan iklim yang terjadi akibat adanya pencairan salju di daerah kutub. Meskipun aplikasi ini sederhana, tetapi dapat memberikan visual yang kuat untuk anak-anak.

5.    Maggie’s Earth Adventures
(Dikembangkan oleh Earth Adventures, Ltd, cocok untuk usia 8-14 tahun, website berlayanan gratis di www.missmaggie.org)

Maggie’s Earth Adventures mempersembahkan enam cerita petualangan yang akan mengajarkan isu-isu terkait lingkungan. Maggie dan anjingnya akan menyelidiki berbagai persoalan lingkungan di seluruh dunia.

Selain, enam cerita tersebut, situs ini juga menawarkan berbagai mini-games. Pemain dapat memilih bermain di negara manapun yang ia mau.

sumber : okezone.com

LEAVE A REPLY