Google Bantu Netizen “Terjebak di Masa Lalu”

0
381

KOMPAS.com – Google punya penawaran menarik buat Anda yang sulit beranjak dari masa lalu. Raksasa teknologi ini menyematkan fitur baru pada akun Google penggunanya untuk mengunduh rekam jejak penelusuran di mesin pencari.

Semua data pencarian bakal tersimpan dalam format ZIP. Data-data itu kemudian dikirim ke Google Drive pengguna untuk diunduh.

Seperti diketahui, Google telah lama mengakomodir layanan bagi penggunanya untuk mengakses rekam jejak penelusuran. Namun, baru kali ini Google memungkinkan penggunanya untuk mengunduh dan menyimpan file tersebut.

Sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Selasa (21/4/2015), fitur pengunduh rekam jejak ini sudah diuji coba sejak tahun lalu. Kini, untuk menggunakannya, netizen harus terlebih dahulu punya akun Google.

Sekali pengarsipan dibuat, Google bakal memperingati penggunanya untuk berhati-hati dalam pemanfaatan fitur tersebut. Google mengimbau agar pengguna tak mengunduh rekam jejak pencarian di komputer publik. Ini untuk menjaga keamanan data pengguna.

Selain itu, Google juga menganjurkan pengguna memanfaatkan verifikasi keamanan dua tahap. Ini ditujukan agar pihak ketiga yang tak berhak atas data pengguna kesulitan jika berniat “jahil”.

Ditelurkannya fitur ini seakan menegaskan bahwa manusia senang bernostalgia dan menjebak diri dalam kenangan masa lampau.

Perusahaan-perusahaan lain seperti Facebook juga telah mengakomodir kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses konten dari beberapa tahun lalu. Facebook didorong para kritikus dan aktivis untuk memberi kemudahan bagi penggunanya mengakses konten yang mereka miliki.

 

sumber : http://tekno.kompas.com/read/2015/04/22/06594317/Google.Bantu.Netizen.Terjebak.di.Masa.Lalu.

LEAVE A REPLY