Kecepatan Akses Data Nirkabel 5G Mampu Tembus 1Tbps

0
292

CALIFORNIA – Profesor Rahim Tafazoli, Direktur Universitas Pusat Inovasi 5G (5GIC) mengungkapkan bahwa kecepatan akses data pada jaringan generasi kelima 5G bisa menembus hingga 1Tbps. Hal tersebut diklaim karena jaringan generasi ke lima ini memiliki teknologi baru.

“Kami telah mengembangkan lebih dari 10 teknologi terobosan dan salah satunya adalah teknologi nirkabel yang bisa mencapai 1Tbps. Ini adalah kapasitas yang sama dengan serat optik tapi kami melakukannya tanpa kabel,” jelas Prof Rahim Tafazoli yang dilansir dari V3mobile, Selasa (3/3/32015).

Ia menjelaskan, hasil akses sebesar 1Tbps dari koneksi jaringan generasi kelima tersebut, didapatkan dari hasil uji coba yang dilakukan dalam jangkauan akses sejauh 100 meter, menggunakan pemancar dan penerima di area bangunan universitas.

“Kami ingin menjadi yang pertama di dunia untuk menunjukkan kecepatan tinggi,” jelas Rahim.

Teknologi jaringan ini kabarnya akan di praktekkan dan di uji coba di luar dan lingkungan universitas pada tahun 2016 dan 2017, sebelum ditunjukkan kepada publik di awal tahun 2018. Kabarnya, teknologi ini juga hadir untuk menyaingi kecepetan akses di Jepang, Korea Selatan dan Rusia.

Tafazoli juga mengungkapkan bahwa pendorong utama 5G ini adalah latency dan kehandalan, sehingga waktu akses data bisa di dapatkan lebih cepat dan besar.”Kita perlu membawa end-to-end latency turun ke bawah satu milidetik sehingga dapat mengaktifkan teknologi baru dan aplikasi yang tidak akan mungkin didapat dari 4G,” ujar Tafazoli.

“Sebuah aspek penting dari 5G adalah bagaimana koneksi ini akan mendukung aplikasi di masa depan. Kita tidak tahu apa aplikasi akan digunakan pada tahun 2020, 2030, atau 2040 dalam hal ini, tapi kami tahu mereka akan sangat sensitif terhadap latency, “ tambah Tafazoli.

 

sumber : http://techno.okezone.com/read/2015/03/03/54/1113116/kecepatan-akses-data-nirkabel-5g-mampu-tembus-1tbps

LEAVE A REPLY